Tingkatkan Keberfungsian Sosial Lansia Melalui Kewirausahaan

Tingkatkan Keberfungsian Sosial Lansia Melalui Kewirausahaan

Usia lanjut bukan penghalang bagi seseorang untuk tetap aktif menekuni kegiatan produktif seperti berwirausaha (Senior Entrepreneurship). Kegiatan ini terbukti memberikan manfaat yang besar bagi lansia. Kewirausahaan bukan sekedar aktivitas ekonomi demi menciptakan dan menambah penghasilan tapi juga dapat menjadi terapi pada lansia. Kewirausahaan ini terbukti meningkatkan keberfungsian sosial lanjut usia.

Hal ini berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi terhadap 29 lansia penerima Dukungan Keluarga Lanjut Usia (DKLU) Loka Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (LRSLU) "Minaula" di Kendari yang berlokasi di Kabupaten Muna. Lansia tersebut mendapatkan bantuan modal usaha dan pendampingan dari LKS LU Orislz al-Dzikra Sowite sebagai mitra. Para penerima manfaat mengaku pendapatan mereka meningkat sejak mendapatkan bantuan dan pendampingan baik dari LRSLU "Minaula" di Kendari maupun dari LKS mitra. Laode Rusu (70 tahun) sebelum mendapatkan DKLU pendapatannya hanya sekitar 100 ribu per hari hasil jualan kue keliling yang dilakoni istrinya.

Namun sekarang berkat bantuan DKLU pasangan lansia ini telah membangun satu kios di pinggir jalan. Barang yang dijual juga bukan satu macam, tapi beraneka macam mulai dari kue, nasi bungkus, buah-buahan, serta sembako. Penghasilannya meningkat menjadi 500 ribu rupiah perhari dan istrinya tidak lagi menjajakan kuenya secara keliling. Kegiatan kewirausahaan sebagai terapi juga dirasakan oleh nenek Wa Mungkolo. Dia merasa lebih sehat, lebih bahagia dan lebih bersemangat, serta lebih berharga dengan berjualan. Selain mendapatkan penghasilan walau tidak besar, dia juga merasa bahagia karena dia bisa bersilaturahmi dan dikunjugi orang banyak orang. Baginya pendapatan bukan hal utama tapi dengan berjualan dia seperti ada penyemangat dan tidak merasa kesepian, dibandingkan hanya tinggal di rumah.

Sementara itu, Syamsuddin, Kepala LRSLU "Minaula" Kendari menjelaskan bahwa ada beberapa hal penting yang menjadi catatan dari pelaksanaan DKLU di Kabupaten Muna, diantaranya peran pendamping sangat efektif dalam mendorong partisipasi dan dukungan keluarga kepada lansia. Selain itu melalui kegiatan ini juga muncul kepedulian pemerintah setempat dan masyarakat. Yang terpenting adalah DKLU ini secara nyata telah berhasil meningkatkan keberfungsian sosial para lansia, bukan saja dari peningkatan pendapatan tapi juga dapat dilihat dari beberapa aspek.


Penulis :
Humas LRSLU "Minaula" Kendari
Editor :
Intan Qonita N

Bagikan :